Berita

Tips Mengatur Keuangan Keluarga

2013-07-01 07:17:29 admin


keuangan_keluarga (1)

Keuangan dalam keluarga itu sangat penting jika pandai mengatur keuangan maka kesejahteraan dalam keluarga dapat terjamin. Mengatur keuangan keluarga dengan baik punya banyak manfaat, diantaranya:

  1. Mengantisipasi kemungkinan terjadinya masalah keuangan keluarga. Dengan melakukan perencanaan, faktor resiko yang mungkin timbul bisa diantisipasi.
  2. Mencapai tujuan-tujuan keluarga. Seperti menyediakan pendidikan berkualitas bagi anak, menyiapkan dana untuk hari tua, membeli mobil, atau membeli rumah yang lebih besar.

Berikut ini  tips mengatur keuangan keluarga :

1. Evaluasi.

Anda perlu mengevaluasi kondisi keuangan setahun terakhir agar bisa menilai bagaimana raport keuangan Anda. Jika sudah bagus, Anda bisa teruskan. Namun jika belum, Anda bisa cari tahu dimana letak kesalahannya. Agar Anda tak lagi mengulanginya tahun ini.

2. Kenali semua pengeluaran dan pemasukan.

Hal pertama adalah melakukan identifikasi kondisi keuangan Anda. Apa saja pengeluaran keluarga Anda? Dan berapa besar uang yang masuk. Tahap pertama ini penting untuk mengenali kemampuan keuangan Anda.

3. Buat anggaran belanja keluarga.

Kemudian, buatlah anggaran belanja Anda. Pada tahap kedua ini sudah lebih rinci. Anda perlu masukkan jumlah nominal untuk tiap anggaran keluarga tersebut. Pada anggaran keluarga ini,  masukkan terutama kebutuhan-kebutuhan mendasar Anda. Yang terpenting, masukkan angka yang wajar. Agar Anda bisa mengetahui perkiraan kondisi nyata kebutuhan Anda sehari-hari selama setahun ini.

4. Rancang tujuan jangka menengah dan panjang keluarga.

Seperti misalnya untuk pendidikan anak kelak, untuk persiapan hari tua, atau yang lainnya.  Pikirkan juga bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut. Mungkin dengan menyisihkan dana tersendiri setiap bulannya untuk tujuan yang ingin dicapai tersebut.

5. Disiplin.

Perencanaan sebagus apapun namun tanpa dibarengi kedisiplinan tak akan ada artinya. Anda harus disiplin untuk menjalankan rencana keuangan keluarga tersebut. Seperti kata pepatah “perencanaan adalah separuh keberhasilan”. Merencanakan keuangan keluarga merupakan langkah bijak untuk mencapai keluarga bahagia.

Posted in: Keuangan KeluargaTagged in: Keuangan Keluarga Read more... 0 comments

Leave a Reply

Your email will not be published. Name and Email fields are required.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>